Rabu, 28 Januari 2015

     Berhubungan baik dengan  tetangga
Sesudah anggota keluarga kita, orang yang paling dekat adalah tetangga. Begitu pentingnya peran tangga sampai-sampai Rasulullah SAW menganjurkan kepada siapa saja yang akan membeli rumah atau mebeli tanah selanjutnya dibangun rumah, hendaklah memperhatikan siapa yang akan menjadi tetangganya.
Beliau bersabda;
“Tetangga sebelum rumah, kawan sebelum jalan, dan bekal sebelum perjalanan.” (HR. Khathib)



Dari hadits di atas adalah pentingnya peran tetangga dalam hidup bermasyakat terutama dalam memilih tempat untuk dijadikan tetangga dalam hidup bermasyakat terutama dalam memilih tempat untuk dijadikan rumah saja kita harus memilih dengan beberapa aspek yang harus diperhatikan.

Kita dapat melihat dari sebuah kata “tetangga sebelum rumah” dalam kehidupan bermasyarakat, maksudnya kita sebelum membangun sebuah rumah harus memilih atau mengetaui kondisi tetangga kita.Diharapkan jaangan sembarang dalam hal ini, karena akan berdampak pada diri kita sendiri.

Baik buruknya sikap tetangga kita tentu tergantung  juga bagaimana kita bersikap kepada mereka. Dalam kesempatan lain Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa tetangga yang baik adalah salah satu dari tiga hal yang membahagiakan hidup, dengan sabdanya;

“Di antara yang membuat bahagia seoarang Muslim adalah tetangga yang baik, rumah yang lapang, dan kendaraan yang nyaman.”  (HR. Hakim)


 Beberapa hal yang membuat bahagia seorang muslim dalam kehidupan bermasyarakat yaitu tetangga yang baik, coba kita bayangkan bila tetangga kita selalu konflik/ tidak akur. Kehidupan kita tidak akan berjalan harmonis.

Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk berbut baik dengan tetangganya, baik tetangga dekat maupun jauh. Pastilah orang akan akan sangat senang apabila tatangganya baik kepada kita dan kita pun tidak akan segan untuk membalas kebaikan tatangga kita itu. Ini menimbulkan dampak yang positif, namun bila tetangga kita berselisih dengan kita pastinya akan ragu untuk menyapa baik tetangga.

      Bentuk Hubungan baik dengan tetangga

Bentuk-bentuk hubungan baik dengan tetangga ini Raulullah SAW pernah berpesan kepada Abu Dzar:

“Jika engkau memasak gulai, perbanyaklah kuahnya, kemudian peerhatikanlah tetangga-tetanggamu, dan berilah mereka sepantasnya.” (HR.Muslim)

Salah satu hubungan baik dengan tetangga dapat dilihat dari hadits shahih diatas, bahwa apabila kita sedang memasak gulai atau memasak yang lainnya ingatlah kepada tatangga kita. Sehingga walupun bahan gulai yang sedang dimasak kurang, kita dapat menambah gulainya.Setelah masak, perhatikanlah tetangga kita. Berilah mereka tetangga kita gulai yang kita masak tadi dengan sepantasnya.

Dijelaskan juga bahwa seorangyang hidup saling berdampingan (bermasrakat) harus memperhatikan tetangganya. Mengulurkan tangan untuk mengatasi kesulitan hidup yang dihadapi oleh teetangga. Jangan sampai seseorang dapat tidur nyenyak, sementara tetangganya menangis kelaparan. Seperti yang sabda Rasulullah SAW:

“Tidaklah beriman kepada-Ku orang yang dapat tidur dengan perut kenyang sementara tetangganya kelaparan, padahal dia mengetahui” (HR. Bazzar)

Dalam hadits yang lebih panjang, Rasulullah SAW menguraikan bagaimana berbuat baik dengan tetangganya. Beliau bersabda:

“Hak tetangga itu ialah, apabila ia sakit kamu menjenguknya, apabila ia meninggal kamu mengiringi jenazahnya, apabila ia membutuhkan sesuatu kamu meminjaminya, apabila ia tidak memiliki pakaian kamu memberinya pakaian, apabila ia mendapatakan kebajikan kamu kmau mengucapkan selamat kepadanya, apabila ia mendapatkan musibah kamu bertakziah kepadanya, jangan engkau meninggalkan rumahmu atas rumahnya sehingga angin terhalang masuk rumahnya, dan janganlah kamu menyakitinya dengan bau periukmu kecuali kamu memberinya sebagian dari masakan itu.” (HR. Tabranni)

1 komentar:

  1. Iron Man : Thor - Titanium White Octane Arches
    Iron Man : Thor Iron Man : Thor - Titanium titanium sia White Octane Arches is an authentic titanium vs ceramic leather gr5 titanium razor titanium pans made in the style of the Iron Man, Iron Man, titanium network surf freely

    BalasHapus